Tulang nyeri? Lakukan Cara Ini Untuk Atasi Minim Efek Samping

Sering alami nyeri sendi dan tulang setelah beraktivitas seharian? Gapapa kok sobat MHS, nyeri tulang dan sendi adalah kondisi yang wajar terjadi pada remaja, orang dewasa, hingga lansia karena beberapa faktor. 

Karena nyeri tulang inilah, beberapa orang kesulitan bergerak sehingga menghambat aktivitas harian. Maka dari itu, penting untuk mengetahui, mempelajari, dan mengaplikasikan cara sederhana meredakan nyeri baik dengan mengkonsumsi obat jenis tertentu atau bahkan menggunakan obat luar yang minim efek samping. Simak penjelasannya… 

Nyeri tulang dan Cara Mengatasinya

Rasa seperti tertusuk di bagian tertentu merupakan efek samping dari nyeri tulang dan sendi. Tidak hanya disebabkan oleh faktor usia, nyeri bisa disebabkan karena peradangan akibat infeksi bakteri, hingga aktivitas yang berlebihan. 

Salah satu penyebab nyeri pada bagian ini yaitu tulang keropos atau osteoporosis. Tidak sedikit masyarakat Indonesia alami hal ini. Menurut Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (Perosi) mencatat, prevalensi osteoporosis di Indonesia sudah mencapai 19,7%. Data dari Kemenkes menyebutkan prevalensi osteoporosis di Indonesia sekitar 10,3 persen.

Untuk mencegah faktor risiko osteoporosis, penting untuk mengobati rasa nyeri sejak dini. Ini beberapa cara mengatasi nyeri tulang non kronik atau karena penyakit berat, dilansir dari berbagai sumber:

1. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Menurut dr. Sara Elise Wijono, M.Res., konsumsi obat pereda nyeri efektif untuk meringankan rasa nyeri. Namun, konsumsi obat pereda nyeri mesti didampingi resep dokter. 

Penting untuk diketahui, obat pereda nyeri tidak bisa bekerja secara maksimal mengobati nyeri tulang dan sendi akibat penyakit kronik seperti opioid, kanker, atau patah tulang.

2. Bifosfonat

Serupa dengan obat pereda nyeri, obat jenis bifosfonat merupakan pereda nyeri yang efektif untuk mengobati nyeri tulang karena penyakit kronik seperti osteoporosis, paget, atau kerusakan karena kanker.

Obat ini bekerja dengan cara menghalangi penyerapan tulang dengan mengurangi fungsi osteoklas di dalam tubuh. Namun, untuk mengkonsumsi obat jenis ini mesti didampingi resep dokter untuk menghindari efek samping konsumsi obat jenis ini.

3. Konsumsi Antibiotik

Nyeri dan sendi salah satu penyebabnya adalah iritasi atau infeksi akibat bakteri dan virus. Contohnya, tulang dan sendi sering sakit, pegal, dan linu saat tubuh alami flu dan batuk. 

Maka dari itu, mengkonsumsi antibiotik sesuai resep dokter bisa menjadi salah satu cara sederhana untuk meredakan linu dan sakit. Cara kerja antibiotik dalam mengurangi nyeri sendi ialah membunuh patogen penyebab iritasi.

4. Konsumsi Vitamin

Kebutuhan nutrisi bagi tubuh setiap orang cenderung berbeda. Hal ini bertujuan untuk mendukung pergerakan dan aktivitas harian dengan lancar. Salah satu penyebab nyeri sendi dan tulang adalah minimnya vitamin D sebagai cara menjaga tulang tidak mudah rapuh alias kokoh. 

Mengkonsumsi vitamin D sesuai resep dokter dapat membantu penyerapan kalsium yang efektif mengurangi keluhan pada tulang dan sendi. Dimana mendapatkan vitamin D yang baik bagi tubuh? 

Nah, kamu bisa berjemur dibawah sinar matahari, mengkonsumsi suplemen vitamin D atau mengkonsumsi makanan mengandung vitamin D yang tinggi seperti salmon, kuning telur, dan jamur. 

Penting untuk diketahui, obat dan suplemen di atas bekerja meredakan nyeri secara perlahan atau tidak instant. Hal ini bertujuan untuk mencegah munculnya efek samping berkepanjangan seperti alergi obat, kerusakan hati, dan lainnya. 

Maka dari itu, untuk menyempurnakan kinerja obat dalam di atas. Kamu bisa menggunakan obat pereda nyeri luar seperti Minyak Herba Sinergi. 

Mengoleskan minyak pereda nyeri pada bagian yang terasa nyeri dan menekannya secara perlahan searah dengan otot tubuh. 

Nyeri sendi, atau cedera otot akan cepat mereda apabila kamu membalurkan MHS atau minyak herba sinergi ke bagian tubuh tertentu. 

Hal ini dapat terjadi karena Minyak Herba Sinergi terbuat dari virgin coconut oil ,rimpang kencur, bratawali, kayu manis, sambiloto sehingga efektif untuk meredakan otot yang menegang. 

Selain mengatasi nyeri sendi dan cedera, Minyak Herba Sinergi terbukti efektif untuk mengatasi ruam,gatal-gatal akibat gigitan serangga, hingga luka bakar ringan. 

Jika kamu ingin mendapatkan manfaat Minyak Herba Sinergi, segera pesan secara online melalui Chatbot Hani atau klink di sini. 

Untuk pemesanan Minyak Herba Sinergi secara offline, kunjungilah Halal Mart terdekat.