Sendi Sakit? Jangan Ditunda! Segera Lakukan Cara Ini

Sobat MHS, sendi sakit di bagian kaki, tangan, atau bagian tubuh lainnya tidak diperkenankan dibiarkan tanpa segera ditangani lho. Kenapa begitu? 

Karena, beberapa penyebab sendi sakit tidak hanya dari aktivitas harian. Tapi, bisa disebabkan oleh cedera seperti keseleo, asam urat, rheumatoid arthritis, lupus, hingga infeksi virus. 

Maka dari itu, penting bagi penderita nyeri sendi untuk segera memberikan penanganan pertama. Berikut cara menangani sendi sakit untuk meminimalisir risiko infeksi kronik sendi dan tulang lainnya.

Pertolongan Pertama Sendi Sakit

Mengatasi sendi sakit dikabarkan tidak membutuhkan tempat khusus atau alat-alat khusus setara dengan kedokteran. Beberapa cara justru melibatkan perlengkapan di dalam rumah dan sekitar. Berikut ini beberapa cara pertolongan pertama atasi nyeri sendi dilansir dari berbagai sumber:

1. Kompres Es

Kompres es pada bagian sendi atau tulang yang terasa nyeri terbukti membantu meredakan sendi sakit dan efektif mengurangi pembengkakkan. 

Cara ini merupakan cara paling praktis dan sederhana untuk memberikan pertolongan pada penderita nyeri sendi. Kamu hanya perlu kompres bagian yang terasa nyeri selama 15 hingga 20 menit dan lakukan berulang 2 atau 3 jam sekali pada hari pertama hingga hari ke dua.

2. Istirahat

Nyeri sendi sakit bisa disebabkan akibat aktivitas harian. Untuk mengatasi nyeri sendi kamu perlu meluangkan waktu setidaknya 2 hari untuk istirahat. 

Jika ini dilakukan, maka tubuh akan lebih cepat untuk pulih sehingga gangguan nyeri sendi bisa segera mereda. 

Apabila perlu, kamu juga bisa mengkompres bagian sendi sakit seperti langkah di atas. 

3. Elevation

Sendi sakit atau bengkak perlu pertolongan pertama untuk menghindari infeksi kronik. Penanganan pertama ini bisa dilakukan dengan cara elevation atau meninggikan bagian nyeri sendi . 

Hal ini bertujuan agar nyeri sendi berada di posisi lebih tinggi dari jantung. 

4. Compression

Compression atau membalut sendi sakit menggunakan perban elastis merupakan penanganan pertama yang bisa dilakukan di mana saja. 

Membalut nyeri sendi menggunakan perban elastis atau kain apabila darurat bertujuan untuk mengurangi bengkak dan menjaga posisi sendi tetap di tempatnya. Dengan begitu, faktor risiko pergeseran sendi sakit semakin berkurang. 

Saat membalut nyeri sendi, kamu tidak dianjurkan mengikat bagian tersebut terlalu keras karena bisa menghambat peredaran darah. 

5. Gunakan Pereda Nyeri

Salah satu langkah menangani sendi sakit namun memerlukan resep dokter ialah dengan mengkonsumsi obat pil. Sedangkan obat oles adalah cara menangani nyeri sendi tanpa resep dokter. 

Umumnya, pereda nyeri oles mengandung capsaicin yaitu bahan aktif cabai penghasil rasa hangat apabila dioleskan pada bagian sendi sakit. 

Adapun obat oles pereda nyeri yang efektif sebagai pertolongan pertama nyeri sendi yaitu Minyak Herba Sinergi. 

Dibuat dari bahan herbal alami seperti virgin coconut on,rimpang kencur, bratawali, kayu manis, sambiloto sehingga efektif untuk meredakan nyeri otot yang menegang, nyeri sendi, dan cedera otot lainnya. 

Agar lebih efektif, rendamlah Minyak Herba Sinergi di dalam air panas selama 5 menit kemudian balurkan Minyak Herba Sinergi di bagian sendi sakit lalu ulangi selama beberapa kali dengan jeda 2 hingga 3 jam. 

Adapun langkah-langkah  yang bisa dilakukan untuk mengurangi nyeri sendi yang praktis: 

  • Mandi air hangat
  • Jaga postur tubuh tetap ideal
  • Pastikan istirahat cukup
  • Lakukan peregangan setiap hari 
  • Olahraga rutin 30 menit atau 3 kali dalam satu minggu
  • Berikan pijatan yang benar dan lembut
  • Melakukan diet sehat 

Obat Oles Pereda Sendi Sakit

Berbagai jenis obat turut menghasilkan efek samping apabila dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang. Maka dari itu, obat tradisional yang teruji secara klinis hadir untuk penderita nyeri sendi yang merasa tidak cocok dengan obat kimia. 

Salah satu obat pereda nyeri sendi jenis oles yang direkomendasikan karena teruji secara klinis dan aman digunakan untuk pengobatan luar ialah Minyak Herba Sinergi. 

Bisa digunakan untuk menangani gatal-gatal, ruam, luka bakar ringan, nyeri sendi, nyeri otot, nyeri tulang, dan luka luar membuat Minyak Herba Sinergi laku terjual hingga puluhan ribu pcs sejak tahun 2012. 

Pesan secara online melalui Chatbot Hani atau klink di sini.  Untuk pemesanan Minyak Herba Sinergi secara offline, kunjungilah Halal Mart terdekat.