Jangan Salah, Ini 4 Cara Pertolongan Pertama Luka Memar

Luka memar bisa dialami siapa saja baik muda ataupun tua akibat aktivitas berat, meski tak berbahaya kamu harus mengetahui pertolongan pertama luka memar.

Secara umum, pertolongan pertama luka memar paling umum ialah mencari air dingin lalu dikompres atau mengistirahatkan bagian tubuh yang memar. 

Luka memar sendiri bisa terjadi karena adanya pembuluh darah rusak atau pecah sehingga memicu darah sekitar jaringan membeku. 

Ketika hal tersebut terjadi maka akan memunculkan kulit tampak kebiruan, merah, ungu, atau hitam, hingga disertai bengkak dan nyeri. 

Nah, dalam artikel ini akan mengulas tentang pertolongan pertama luka memar yang bisa kamu lakukan di rumah dengan mudah. Lantas, apa saja pertolongan pertama luka memar yang bisa dilakukan dengan mudah? Yuk, kita cari tahu bersama-sama. 

Ketahui Penyebab Sebelum Melakukan Pertolongan Pertama Luka Memar

Namun sebelum membahas bagaimana pertolongan pertama pada luka memas, kita akan mengulas penyebab luka memar yang bisa terjadi pada siapa saja.

Secara umum penyebab luka memar terjadi saat pembuluh darah kecil di bawa kulit pecah dan mengalami kerusakan sehingga menembus ke jaringan sekitar dan membeku. Pembekuan tersebut membuat kulit menjadi berubah warna seperti merah, ungu, atau hitam, dan tak jarang disertai nyeri. 

Bukan hanya itu saja, karena penyebab luka memar bisa juga disebabkan oleh olahraga berat dan melebihi batas kemampuan. 

Selain itu, luka memar juga bisa terjadi tanpa alasan yang jelas dan memicu gusi berdarah bahkan hidung mimisan, hal tersebut menjadi tanda adanya gangguan perdarahan pada tubuh. 

Jika kamu sudah mengetahui sejumlah penyebab luka memar, saat ini kita akan mengulas mengatasi luka memar dengan cara alami di rumah. Yuk, kita cari tahu bersama-sama, apa saja pertolongan pertama untuk mengatasi luka memar di rumah?.

1. Kompres Dingin untuk Pertolongan Luka Memar

Pertolongan pertama luka memar bisa dengan menggunakan cara yang paling umum yaitu kompres dingin. Untuk menggunakan cara ini bisa dengan mengompres luka memar menggunakan air dingin atau es batu yang dibalut atau bungkus kain selama 15–20 menit. 

Tujuan utama kompres dingin yaitu menyempitkan pembuluh darah yang mengalami benturan agar luka memar tidak membesar.

2. Kompres Hangat untuk Pertolongan Luka Memar

Pertolongan pertama luka memar, selain kompres dingin bisa dengan kompres air hangat. Untuk cara ini kamu perlu menggunakan handuk yang sudah direndam air hangat. 

Setelah itu kamu bisa gunakan untuk kompres pada bagian yang terkena luka memar selama beberapa menit. Hal tersebut dilakukan agar aliran darah meningkatkan. 

Ketika aliran darah meningkat maka pembekuan di dalam tubuh dapat terserap lebih cepat. Lakukan cara ini setelah muncul luka memar. 

Pada umumnya, luka memar akibat membentur sesuatu akan sembuh sendiri, tetapi pertolongan pertama akan mempercepat penyembuhan.

3.  Membuat Tinggi Bagian yang Memar

Pertolongan pertama luka memar selanjutnya bisa dengan merubah posisi tubuh yang terkena luka memar, contohnya kaki mengalami memar maka harus lebih tinggi dari dada. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mengganjal menggunakan bantal atau lainnya. pada bagian yang memar.

4. Obat Pereda Nyeri

Selain menggunakan cara alami, pertolongan pertama pada luka memar bisa dengan mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri. 

Obat pereda nyeri yang dimaksud yaitu paracetamol, namun hal ini bisa dilakukan jika cara alami tidak berhasil dan luka memar disertai bengkak. 

Nah, itu tadi pertolongan pertama luka memar yang bisa kamu terapkan di rumah, selain itu kamu juga bisa gunakan minyak gosok. 

Kamu bisa menggunakan Minyak Herba Sinergi ketika melakukan pertolongan pertama luka memar di rumah. Minyak Herba Sinergi memiliki kandungan yang baik untuk mempercepat pemulihan. 

Minyak Herba Sinergi

Pertolongan luka memar juga bisa menggunakan minyak gosok tradisional yaitu minyak herba sinergi yang bisa meredakan pegal linu dan nyen sandi, serta luka memar

Untuk bahan yang terkandung dalam Minyak Herba Sinergi yaitu Virgin coconut on,rimpang kencur, bratawali, kayu manis, sambiloto. 

Kandungan yang terdapat dalam beberapa bahan Minyak Herba Sinergi bisa digunakan untuk pertolongan pertama luka memar. Bahan tersebut ialah cengkeh, kandungan cengkeh yang mempunyai kandungan eugenol sebagai antiseptik.

Eugenol sangat baik untuk mengatasi luka pada kulit, sehingga efektif digunakan pada luka memar atau nyeri akibat benturan 

Jika kamu ingin menggunakan Minyak Herba Sinergi ini cukup mudah yaitu dengan mengoleskan minyak pada luka memar. Minyak Herba Sinergi bisa kamu peroleh pada agen-agen terdekat dengan rumah kamu atau membelinya secara online melalui laman resmi minyakherbasinergi.id.

Kamu bisa gunakan Minyak Herba Sinergi secara rutin untuk mempercepat penyembuhan luka memar ataupun nyeri akibat berbenturan.