Olahraga Ini Efektif Cegah Nyeri Sendi dan Otot

Nyeri sendi dan otot timbulkan rasa tidak nyaman, rasa sakit, hingga muncul rasa malas untuk melakukan aktivitas harian. Kondisi ini bisa disebabkan karena beberapa faktor salah satunya adalah otot yang menegang. 

Nyeri sendi dan otot bisa dapat dicegah dengan cara melakukan peregangan alias olahraga rutin selama 30 menit dalam satu hari atau 3 kali seminggu. 

Olahraga jadi aktivitas yang umumnya dinilai berat karena berbagai jenis olahraga melibatkan angkat beban. Maka dari itu, artikel ini akan membahas jelas apa saja olahraga ringan yang efektif mencegah nyeri sendi dan bisa diaplikasikan untuk berbagai usia. Simak ya… 

Olahraga Cegah Nyeri Sendi

Nyeri sendi dapat disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari penyakit bawaan hingga aktivitas fisik yang berlebihan. Tapi, tahukah kamu? Nyeri sendi mudah untuk dicegah dengan cara olahraga rutin setiap hari hanya 30 menit. 

Tenang, olahraga untuk mencegah hadirnya nyeri sendi tidak sesulit aktivis olahraga. Bahkan, beberapa diantaranya bisa dilakukan tanpa menggunakan pakaian khusus lho. Ini beberapa jenis olahraga efektif cegah nyeri sendi dilansir dari berbagai sumber: 

1. Jalan Kaki

Menurut American College of Sports Medicine, jalan kaki selama 30 menit atau 3 hingga 5 kali dalam satu minggu terbukti efektif untuk mencegah munculnya nyeri sendi di banyak bagian tubuh. 

2. Berenang

Tahukah kamu, berenang tidak hanya efektif untuk membantu meningkatkan tinggi badan. Namun, berenang efektif untuk mencegah nyeri sendi dan efektif untuk melatih kekuatan otot. 

Tidak perlu khawatir, mengayunkan kaki pada air sembari duduk di tepi kolam secara aktif juga turut serta mengurangi risiko munculnya nyeri sendi. Maka dari itu, olahraga ini bisa dilakukan baik pemula maupun profesional perenang. 

3. Bersepeda

Bersepeda pernah jadi olahraga paling digemari beberapa waktu lalu. Tidak hanya menyenangkan, bersepeda mengharuskan otot kaki terus bekerja sehingga bagian lutut aktif bergerak. 

Dari aktivitas inilah, otot sekitar persendian menjadi semakin kuat sehingga otot jarang mengalami penegangan. 

Jenis sepeda apapun bisa digunakan, namun dianjurkan untuk menggunakan sepeda statis sehingga bebannya bisa disesuaikan. 

5. Peregangan atau Stretching

Nyeri sendi bisa terjadi akibat otot menegang. Dengan aktivitas peregangan atau stretching, kamu bisa melemaskan otot dan meningkatkan jangkauan gerak sendi. Al hasil, nyeri sendi menjadi berkurang. 

Ini beberapa cara melakukan stretching alias peregangan untuk cegah munculnya nyeri sendi: 

  • Berbaring terlentang dengan alas yang nyaman dan tekuk kedua lutut
  • Pastikan berbaring di tempat yang nyaman dan rata
  • Pegang bagian lutut kanan menggunakan kedua tangan
  • Kemudian tarik perlahan lutut ke arah dada dan tahan selama 30 detik

Aktivitas perdagangan ini wajib dilakukan selama berulang sebanyak 2 hingga 3 kali untuk mendapatkan hasil terbaik.Selain beberapa jenis olahraga di atas, adapun jenis aktivitas lain yang bisa mengurangi nyeri pada bagian tubuh. Berikut di antaranya: 

  • Torso twist (olahraga untuk melatih tubuh bagian belakang)
  • Bird dog with crunch (untuk melatih tubuh bagian belakang)
  • Superman (untuk melatih tubuh bagian belakang)
  • Angkat kaki ke atas (gerakan untuk melatih bagian lutut)
  • Half Squat (gerakan untuk melatih bagian lutut)
  • Clamshell (gerakan untuk melatih bagian pinggul)
  • Gerakan memutar lengan (gerakan untuk melatih bagian bahu)

Itulah tadi informasi menarik dan lengkap seputar mencegah nyeri sendi dan nyeri tubuh menggunakan olahraga ringan hingga olahraga berat. 

Tahukah kamu, menghilangkan atau meredakan nyeri sendi umumnya bisa dilakukan dengan cara mengoleskan minyak pereda nyeri pada bagian yang terasa nyeri dan menekannya secara perlahan searah dengan otot tubuh. 

Saat ini, nyeri pinggang dominan terjadi bukan karena masalah serius dan bisa diatasi dengan cara sederhana seperti menggunakan Minyak Herba Sinergi. 

Nyeri otot dan cedera otot akan cepat mereda apabila kamu membalurkan MHS atau minyak herba sinergi ke bagian tubuh tertentu. 

Hal ini dapat terjadi karena Minyak Herba Sinergi terbuat dari virgin coconut on,rimpang kencur, bratawali, kayu manis, sambiloto sehingga efektif untuk meredakan otot yang menegang. 

Selain mengatasi nyeri sendi dan cedera, Minyak Herba Sinergi terbukti efektif untuk mengatasi ruam atau gatal-gatal akibat gigitan serangga. 

Jika kamu ingin mendapatkan manfaat Minyak Herba Sinergi bisa diperoleh secara online atau offline. Untuk kamu yang ingin mendapatkan secara offline bisa mengunjungi agen HNI (Halal Network International) terdekat. 

Selain itu, kamu juga bisa melalui Chatbot Hani untuk membeli Minyak Herba Sinergi sehingga lebih mudah, kamu bisa menghubungi klik disini.