7 Obat Luka Bakar Alami, Cepat & Cegah Bekas Luka

Sobat MHS, tahukah kamu?

Luka bakar ialah kasus kecelakaan ringan yang kerap kali terjadi karena aktivitas harian. Misalnya, saat berkendara secara tidak sengaja kaki menyentuh knalpot atau saat memasak tangan tak sengaja menyentuh wajan panas hingga terciprat minyak. Alhasil, muncul luka bakar berbagai jenis baik ringan, sedang, ataupun berat. 

Obat luka bakar hingga kini tersedia di berbagai apotik hingga e-commerce. Namun, dalam keadaan darurat seringkali mengharuskan kamu untuk menggunakan obat luka bakar alternatif atau alami yang ada disekitar. Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa nyeri dan mencegah munculnya bekas luka. 

Tahukah kamu apa saja obat luka bakar alami? Yuk, kita kupas tuntas di sini. Simak ya… 

Obat Luka Bakar Alami

Obat luka bakar terdiri dari berbagai macam salah satunya ialah obat luka bakar kimia dan obat luka bakar alami. 

Umumnya obat luka bakar kimia berupa paracetamol, aspirin, antalgin, dan lain sebagainya yang disertai dengan efek samping penggunaan apabila dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang. 

Meski begitu, terdapat cara lain untuk mengurangi risiko efek samping konsumsi obat luar atau dalam kimia yaitu menggunakan obat luka bakar alami. Berikut ini beberapa jenis obat luka bakar alami dilansir dari berbagai sumber: 

1. Daun Salam

Siapa yang tak kenal daun salam? Salah satu rempah penghasil bumbu yang enak di berbagai jenis masakan Indonesia ternyata bisa digunakan sebagai obat luka bakar alami. Hal ini ditemukan oleh mahasiswa Fakultas MIPA dari Universitas Yogyakarta. 

Cara kerja daun salam yaitu mempercepat proses penyembuhan luka karena mengandung sifat antibakteri, antimikroba, antiinflamasi, antibiotik, hingga melindungi pembuluh darah karena kandungan flavonoidnya. 

2. Lidah Buaya

Dilansir dari artikel kesehatan publikasi Dinas Kesehatan Wonogiri, lidah buaya merupakan obat luka bakar alami yag efektif untuk mempercepat proses penyembuhan luka. 

Hal ini karena lidah buaya memiliki kandungan anti inflamasi atau anti peradangan. Sifat inilah yang mempercepat proses penyembuhan luka bakar dan mencegah infeksi karena paparan bakteri pada bagian luka. 

Maka dari itu, tidak jarang lidah buaya dianjurkan dioleskan pada bagian luka bakar selain luka bakar berat.

3. Madu

Madu mengandung berbagai macam sifat kimia alami seperti sifat antioksidan, antiinflamasi, antibakteri, dan anti jamur. Berperan sebagai obat luka bakar alami, madu bekerja secara cepat menyembuhkan  bagian tubuh terkena luka bakar ringan. 

4. Teh Hitam

Teh hitam atau Camellia sinensis merupakan obat luka bakar alami yang dapat mengurangi risiko adanya bekas luka. 

Mengandung asam tanat, teh hitam berperan mengurangi nyeri dari rasa panas sehingga mengurangi rasa sakit bagi penderita luka bakar ringan dan sedang. 

Cukup merendam 2 hingga 3 kantong teh hitam dengan air dingin kemudian letakan pada bagian yang terkena luka bakar dan lilit dengan kasa. 

5. Gandum

Gandum dikenal sebagai salah satu biji-bijian yang bisa dikonsumsi karena berbagai manfaat yang disuguhkan. Faktanya, selain bisa dikonsumsi ternyata gandum bisa digunakan sebagai obat luka bakar alami.

Gandum memberikan efek dingin sehingga kulit terasa lembab. Dengan begitu, bagian kulit yang kering dan gatal karena luka bakar lekas pulih. 

6. Air Dingin

Pertolongan pertama mengatasi luka bakar adalah dengan menggunakan air dingin. Cukup alirkan air dingin pada bagian yang terinfeksi luka bakar ringan di area kulit. Hal ini bisa mengurangi nyeri dan mendinginkan kulit yang terbakar. 

7. Virgin Coconut Oil

Minyak kelapa atau yang dikenal dengan VCO merupakan obat alami untuk berbagai jenis luka salah satunya luka bakar. 

Efektifitasnya dalam menyembuhkan luka turut dibuktikan dengan adanya penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa studi Politeknik Kesehatan Denpasar. Penelitian tersebut membuktikan efektivitas VCO dalam menyembuhkan luka perineum. 

Minyak kepala dianjurkan dibalurkan pada bagian terkena luka bakar atau bagian tubuh lainnya yang terluka karena VCO bekerja dengan cara membentuk lapisan tipis yang melindungi luka dari debu, virus, dan bakteri, sehingga proses penyembuhan luka semakin cepat. 

Menurut beberapa sumber, penggunaan VCO untuk mengatasi luka belum ditemukan adanya efek samping. 

Kini, efektifitas minyak kelapa dan berbagai bahan alami lainnya untuk menyembuhkan luka sekaligus mengurangi nyeri pada bagian otot, tulang, dan sendi telah dikemas dalams atu botol Minyak Herba Sinergi. 

Sebagai minyak ajaib yang bisa meredakan masalah kesehatan tubuh luar, Minyak Herba Sinergi diformulasikan dari bahan-bahan berkualitas seperti dari coconut oil, rimpang kencur, bratawali, kayu manis, sambiloto yang efektif membantu meredakan otot tegang. 

Dapatkan Minyak Herba Sinergi sebagai minyak balur ajaib yang ampuh atasi nyeri sendi, otot, tulang, ruam, dan luka bakar ringan secara online maupun offline. 

Pesan secara online melalui Chatbot Hani atau klink di sini.  Untuk pemesanan Minyak Herba Sinergi secara offline, kunjungilah Halal Mart terdekat.