Cara Menjaga Kesehatan Tulang, Cegah Nyeri Tulang dan Sendi

Usia semakin bertambah tentu dibarengi dengan perubahan fisik dan kualitas organ tubuh salah satunya tulang. Tulang jadi bagian tubuh yang kerap kali mengalami masalah seperti pegal linu, nyeri sendi, hingga kesulitan beraktivitas padahal tidak sedang dalam kondisi usia lanjut. 

Kesehatan tulang yang semakin memburuk diakibatkan oleh pola hidup tidak sehat baik makanan yang dikonsumsi, malas beraktivitas, dan banyak hal lainnya. Maka dari itu, menjaga kesehatan tulang terbukti mencegah penuaan dini terutama bagi penderita nyeri sendi. 

Yuk, simak cara menjaga kesehatan tulang yang dilansir dari berbagai sumber untuk cegah kesulitan beraktivitas akibat nyeri tulang dan persendian. Simak… 

Manfaat Menjaga Kesehatan Tulang

Menjaga kesehatan tulang sama halnya dengan menerapkan pola hidup sehat. Hal ini karena menjaga kesehatan tulang memiliki ragam manfaat seperti melindungi organ tubuh dengan baik sehingga meminimalisir risiko kerusakan organ tubuh penting. 

Dengan melakukan langkah-langkah menjaga kesehatan tulang dengan cara terus mengganti kepadatan tulang secara efektif meskipun usia sudah menyentuh angka 30 tahun. Kepadatan tulang yang baik secara efektif mengurangi faktor risiko osteoporosis.

Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Menurut rilisan artikel kesehatan dari Kementerian Kesehatan RI tahun 2022, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan oleh berbagai usia untuk menjaga kesehatan tulang. Berikut di antaranya: 

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Sobat MHS, kita kerap kali memilih mengkonsumsi makanan cenderung enak tapi rendah protein hingga nutrisi. Padahal, inovasi makanan bergizi hingga kini sudah banyak diakui kelezatannya.

Contoh makanan mengandung gizi yang baik untuk menjaga kesehatan tulang ialah buah dan sayur. Adapun alasan mengapa buah dan sayur efektif untuk menjaga kesehatan tulang: 

  • Buah dan sayur mengandung vitamin C sehingga efektif memproduksi sel-sel pembentuk tulang
  • Mengandung antioksidan yang efektif mencegah peradangan pada tulang

2. Konsumsi Vitamin D

Vitamin D adalah komponen yang penting untuk membantu menjaga kesehatan tulang. Untuk menambah jumlah vitamin D, kamu direkomendasikan mengkonsumsi makanan dan suplemen kesehatan. 

Makanan mengandung vitamin D ialah jamur tiram, ikan sarden, minyak ikan, salmon, kuning telur, dan lainnya. 

3. Pastikan Terpapar Sinar Matahari

Tahukah kamu? Sinar matahari mengandung vitamin D yang apabila masuk ke dalam tubuh dengan jumlah yang tepat akan membantu menjaga kesehatan tulang. 

Selain dari makanan, asupan vitamin D bisa kamu peroleh dengan cara berjemur di bawah sinar matahari pagi yang terik. 

4. Olahraga

Tidak banyak orang yang menggemari aktivitas olahraga menjadi bagian dari rutinitas setiap hari karena melelahkan. Padahal, olahraga cenderung menyenangkan apabila kamu menemukan porsi yang tepat untuk tubuh kamu. 

Olahraga memiliki ragam manfaat salah satunya menjaga kesehatan tulang. Adapun manfaat olahraga lainnya ialah menjaga keseimbangan tubuh dan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terpapar iritasi bakteri. 

5. Pastikan Kebutuhan Kalsium

Kalsium mengandung vitamin C dan vitamin D. Untuk menjaga kesehatan tulang, tubuh membutuhkan asupan kalsium yang cukup baik dari makanan atau dari suplemen kalsium sesuai kebutuhan. Berikut batasan mengkonsumsi kalsium sesuai usia: 

  • Usia 19-50 tahun pada wanita & 19-70 tahun pada pria dianjurkan memenuhi kebutuhan kalsium sebanyak 1000mg/hari, 
  • Usia 50 tahun pada wanita dan 70 tahun pada pria diharapkan memenuhi kebutuhan kalsium sebanyak 1200mg/hari

Faktor Risiko Mempengaruhi Kesehatan Tulang

Penyebab kesehatan tulang menurun faktanya terdiri dari banyak faktor. Hal ini penting untuk diketahui untuk mengurangi risiko terjadinya osteoporosis dan gangguan kesehatan tulang lainnya. Berikut ini beberapa faktor risiko yang menyebabkan kesehatan tulang menurun: 

  • Kadar hormon menurun
  • Jenis kelamin (wanita berisiko tinggi alami osteoporosis)
  • Pertambahan usia
  • Ukuran tubuh yang kecil
  • Tubuh dengan kadar kalsium rendah
  • Efek samping operasi pencernaan
  • Efek samping konsumsi obat tertentu
  • Perokok aktif
  • Pecandu alkohol
  • Jarang olahraga karena tulang dan sendi mudah nyeri

Tahukah kamu, tulang dan sendi yang mudah nyeri saat beraktivitas mulai dari bekerja hingga olahraga merupakan gejala tulang yang tidak sehat. Maka dari itu, segera aplikasikan cara menjaga tulang dan sendi untuk kesehatan tulang yang sempurna. 

Saat nyeri tulang dan sendi, menghilangkan atau meredakan nyeri sendi umumnya bisa dilakukan dengan cara mengoleskan minyak pereda nyeri pada bagian yang terasa nyeri dan menekannya secara perlahan searah dengan otot tubuh. 

Saat ini, nyeri pinggang dominan terjadi bukan karena masalah serius dan bisa diatasi dengan cara sederhana seperti menggunakan Minyak Herba Sinergi. 

Nyeri otot dan cedera otot akan cepat mereda apabila kamu membalurkan MHS atau minyak herba sinergi ke bagian tubuh tertentu. 

Hal ini dapat terjadi karena Minyak Herba Sinergi terbuat dari virgin coconut on,rimpang kencur, bratawali, kayu manis, sambiloto sehingga efektif untuk meredakan otot yang menegang. 

Selain mengatasi nyeri sendi dan cedera, Minyak Herba Sinergi terbukti efektif untuk mengatasi ruam atau gatal-gatal akibat gigitan serangga. 

Jika kamu ingin mendapatkan manfaat Minyak Herba Sinergi bisa diperoleh secara online atau offline. Untuk kamu yang ingin mendapatkan secara offline bisa mengunjungi agen HNI (Halal Network International) terdekat. 

Selain itu, kamu juga bisa melalui Chatbot Hani untuk membeli Minyak Herba Sinergi sehingga lebih mudah, kamu bisa menghubungi klik disini.