Bingung Mengobati Luka Memar? Ini 4 Cara Alami yang Ampuh

Apakah kamu tahu cara mengobati luka memar dengan bahan alami yang efektif dilakukan tanpa perlu membeli obat ke apotik terdekat.

Meski begitu, tak banyak yang mengetahui apa saja bahan alami untuk mempercepat mengobati luka memar.  Tak sedikit orang yang mengobati luka memar dengan cara sederhana yaitu kompres dingin.

Namun ada beberapa bahan alami yang bisa dipergunakan. Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang bahan alami untuk mengobati luka memar yang mudah dan murah. 

Lantas, apa saja bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati luka memar pada seseorang? Yuk, kita cari tahu bersama-sama. 

Perubahan Warna Kulit Ketika Luka Memar

Sebelum membahas bahan alami untuk cara mengobati luka memar, kita akan membahas perubahan warna pada luka memar di kulit. Pasti kamu pernah mengalami perubahan warna ketika luka memar, Hal tersebut merupakan penanda dari awal hingga sembuh.

  •  Merah: Setelah mengalami benturan maka kulit akan terlihat berubah warna menjadi kemerahan dan tak jarang disertai pembengkakan pada area benturan.
  • Kebiruan: Setelah kuit memerah akibat benturan, satu hingga dua hari kemudian akan terjadi perubahan warna luka memar menjadi biru atau ungu gelap. Hal tersebut disebabkan, asupan oksigen yang menurun dan terjadi pembekakan. Dampaknya ialah hemoglobin berubah warna yang awalnya merah menjadi kebiruan atau ungu gelap.
  • Hijau pucat: Ketika luka memar sudah memasuki hari keenam maka berpotensi berubah warna menjadi hijau pucat, hal tersebut karena hemoglobin di dalam darah sudah terurai. 
  • Kuning: Luka memar yang sudah berusia seminggu akan berubah warna lebih terang dari sebelumnya yaitu kuning pucat atau cokelat. Jika Luka memar yang kamu alami sudah berubah warna kuning pucat atau cokelat maka menandakan masuk tahap penyembuhan atau tahap akhir. 

Bahan Alami untuk Mengobati Luka Memar

Jika kamu sudah mengetahui apa saja perubahan warna saat luka memar, selanjutnya kita akan membahas tentang bahan alami untuk mengobati luka memar di rumah, secara umum hal ini bisa dilakukan juga sebagai pertolongan pertama ketika terjadi benturan.

1. Nanas

Bahan alami untuk mengobati luka memar yang pertama yaitu nanas, ini karena memiliki kandungan memiliki efek antiradang alami sehingga mampu mengurangi pembengkakan. 

Agar kamu bisa mendapat manfaat nanas untuk mengobati luka memar maka kamu bisa mengkonsumsi buah nanas yang matang, kamu juga bisa mengoleskan buah nanas layaknya krim ke area luka.

2. Teh Hijau atau Teh Hitam

Luka memar juga bisa diobati dengan bahan alami seperti teh hijau ataupun teh hitam yang memiliki kandungan tanin. Kandungan tanin dalam teh bisa menyempitkan pembuluh darah yang pecah, sehingga darah yang keluar mampu ditekan agar tak menyebar. 

Untuk menggunakan cara ini cukup dengan menempel kantung teh basah berisi teh hijau atau teh hitam ke area memar selama 10–15 menit.

3. Cuka Apel

Bahan alami untuk mengobati luka memar selanjutnya yaitu cuka apel yang memiliki kandungan antiradang, hal tersebut mampu memecah gumpalan darah. 

Cara menggunakannya juga sangat mudah hanya dengan merendam kapas terlebih dahulu ke dalam segelas air dan beri air lalu beri 1 sendok teh cuka apel, lalu kompres area memar selama 10 menit.

4. Lidah Buaya

Mengobati luka memar dengan bahan alami selanjutnya bisa dengan lidah buaya yang mempunyai kandungan untuk mengurangi kemerahan, nyeri, dan bengkak.

Cara menggunakan cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan lidah buaya pada luka memar, jika kamu ingin langsung mengoleskan lidah buaya pastikan bebas dari alkohol.

Minyak Herba Sinergi

Jika keempat cara di atas tak efektif untuk mengobati luka memar yang kamu alami, maka kamu bisa menggunakan Minyak Herba Sinergi yang memiliki kandungan untuk mempercepat pemulihan luka akibat benturan hingga nyeri. Salah satu kandungan dari Minyak Herba Sinergi yaitu kandungan eugenol sebagai antiseptik.

Mengobati luka memar bisa juga menggunakan MHS atau Minyak Herba Sinergi yang diolah dari coconut on,rimpang kencur, bratawali, kayu manis, sambiloto. 

Minyak Herba Sinergi sangat efektif untuk mengatasi luka memar karena memiliki kandungan eugenol sebagai antiseptik. Kandungan tersebut sangat efektif untuk mengatasi luka memar bahkan nyeri akibat benturan. 

Menggunakan Minyak Herba Sinergi ini cukup mudah digunakan yaitu dengan mengoleskan minyak pada luka memar dan lakukan secara rutin. 

Jika kamu tertarik menggunakan Minyak Herba Sinergi untuk mengatasi luka memar, maka bisa mendapatkannya melalui agen-agen terdekat. 

Selain itu, kamu bisa juga mendapatkan Minyak Herba Sinergi secara online melalui laman resmi minyakherbasinergi.id. Kamu bisa membawa Minyak Herba Sinergi di dalam tas untuk berjaga-jaga ketika mengalami luka memar, karena kemasannya cukup praktisi dan bisa dibawa kemana saja. Tertarik mencoba?