Manfaat Urut Untuk Kesehatan Tubuh, Tulang dan Sendi

Manfaat urut diyakini mengurangi nyeri sendi dan tulang. Sebagai terapi tradisional, urut umumnya banyak dilakukan oleh sebagian masyarakat di Indonesia karena masalah pegal-pegal, nyeri otot, dan nyeri sendi terbukti berkurang. 

Meski begitu, untuk mendapatkan manfaat urut secara maksimal perlu dilakukan oleh ahli dibidangnya. Sebagai pengguna jasa urut atau pijat, penting untuk mengetahui jenis-jenis urut atau pijat yang tepat sesuai permasalahan tubuh.

Yuk, simak penjelasan jenis-jenis urut untuk dan manfaat urut bagi kesehatan tulang dan sendi menurut berbagai sumber. Simak…

Jenis Urut Untuk Nyeri Tulang dan Sendi

Urut atau pijat dikenal oleh masyarakat sejak berabad-abad lalu. Hingga kini, pijat jadi alternatif terapi yang digunakan untuk bantu redakan nyeri tulang dan sendi karena berbagai faktor.

Dilansir dari berbagai sumber, pijat merupakan aktivitas memberikan tekanan pada anggota tubuh yaitu kulit, otot, dan urat menggunakan teknik dan metode tertentu. 

Sekarang, urut atau pijat bukan lagi hal yang aneh untuk dilakukan. Bahkan, secara exclusive pijat hadir di salon atau spa dan jasanya dibandrol dengan harga ratusan ribu rupiah. 

Berikut beberapa jenis urut atau pijat yang efektif untuk meredakan nyeri tulang dan sendi jika dilakukan oleh ahli atau profesional di bidangnya: 

1. Pijat Thai

Pijat thai jadi salah satu metode urut yang mirip dengan yoga. Pijat thai melibatkan teknik penarikan dan peregangan otot secara aktif. Umumnya, pijat thai atau jenis urut ini dilakukan di atas matras dan penderita nyeri tulang dan sendi diharuskan bergerak aktif secara mandiri mengikuti arahan. 

2. Pijat Jaringan atau Deep Tissue Massage

Sering merasa sekujur tubuh mendadak kaku dan nyeri di bagian tertentu? Nah, pijat jaringan bisa jadi solusi untuk meredakan kaku dan nyeri. Hal ini karena pijat jaringan fokus memberikan tekanan pada lapisan otot, jaringan bawah permukaan kulot, dan tendon. 

Jika dilakukan oleh ahli dan profesional di bidangnya, pijat jaringan jadi pilihan untuk meredakan nyeri akibat cedera otot. 

Adapun jenis pijat lainnya yang ramai digunakan di masyarakat untuk bantu meredakan nyeri tulang dan sendi: 

  • Pijat refleksi
  • Pijat akupresur atau urut dengan memberikan tekanan di bagian tertentu
  • Pijat batu panas
  • Pijat aromaterapi

Manfaat Urut Untuk Tulang dan Sendi

Urut menurut berbagai sumber bertujuan merangsang respons tubuh sehingga meningkatkan proses penyembuhan nyeri tulang dan sendi. Tidak jarang, urut yang dilakukan oleh ahli dan profesional bisa berdampak bagi kesehatan secara keseluruhan. 

Berikut beberapa manfaat urut bagi kesehatan tubuh serta tulang dan sendi: 

1. Bantu Kurangi Stress dan Cemas

Menurut hasil studi oleh Hindawi dilansir dari laman resmi halodoc Indonesia, urut atau pijat refleksi terbukti bantu kurangi kecemasan. 

Stress dan kecemasan setelah bekerja atau aktivitas harian meningkatan tekanan darah, pernapasan, hingga detak jantung. Manfaat urut pada kasus ini yaitu membantu meningkatkan mood dan suasana hati secara tidak langsung.

Menurut Oncology Nursing Forum, pijat refleksi atau manfaat urut yang satu ini apabila rutin dilakukan oleh penderita payudara akan efektif untuk menurunkan tingkat kecemasan sehingga membantu tubuh melawan kanker dengan stabil.

2. Melancarkan Peredaran Darah dan Pencernaan

Medical Science Monitor pada studinya menemukan jika manfaat urut pada tubuh ialah melancarkan peredaran darah yang ditandai dengan peningkatan suhu kulot. 

Manfaat urut yang satu ini terjadi karena gerakan yang tepat oleh ahli secara langsung membuka simpul pada pembuluh darah sehingga vena bekerja secara optimal untuk mengalirkan darah. 

Selain itu, manfaat urut juga terbukti efektif melancarkan pencernaan. Karena, urut mengeluarkan racun di dalam tubuh apabila dilakukan oleh ahli atau profesional di bidangnya.

3. Mengurangi Nyeri

Uniknya, tubuh memiliki 7.000 lebih saraf yang berbeda pada bagian telapak kaki yang semuanya terhubung dengan saraf pusat. 

Manfaat urut salah satunya adalah membantu memperbaiki keseimbangan sistem tubuh sehingga seluruh komponen tubuh lebih rileks dan nyeri pada bagian tertentu seperti tulang, sendi, atau kepala menjadi berkurang/ 

Studi klinis dilakukan pada 120 responden ibu nifas dengan kehamilan risiko rendah membuktikan manfaat urut yaitu berkurangnya rasa nyeri. 

Adapun manfaat urut lainnya bagi wanita ialah mengurangi nyeri saat menstruasi hingga pra menstruasi. 

Berikut beberapa manfaat urut lainnya apabila dilakukan secara tepat oleh ahli dan profesional dilansir dari berbagai sumber: 

  • Membantu mengontrol kadar gula bagi pasien diabetes tipe-2
  • Membuang racun di dalam tubuh
  • Membantu memepercepat proses penyembuhan penyakit atau cedera karena muncull eseimbangan metabolisme
  • Meningkatkan fungsi sistem pernapasan
  • Meningkatkan fleksibilitas sendi
  • Meningkatkan mobilitas atau aktivitas sendi
  • Meredakan sakit kepala
  • Mengelola stress
  • Meredakan migran
  • Mengurangi nyeri akibat gejala penyakit tertentu (nyeri kepala, tulang, sendi, atau bagian tubuh tertentu)

Tahukah kamu? 

Untuk membantu proses pijat atau urut secara maksimal agar tidak melukai pasien, kulit pasien harus dibalurkan cairan dengan tekstur yang kental dan nyaman di kulit. 

Bukan sekedar cairan biasa seperti air, manfaat urut bisa semakin sempurna apabila dibantu dengan minyak balur yang terbuat dari coconut oil, rimpang kencur, bratawali, kayu manis, sambiloto yang efektif membantu meredakan otot tegang. 

Dengan begitu, teknik pijat atau urut semakin nyaman di tubuh pasien. Dapatkan Minyak Herba Sinergi sebagai minyak balur ajaib yang ampuh atasi nyeri sendi, otot, tulang, ruam, dan luka bakar ringan secara online maupun offline. 

Pesan secara online melalui Chatbot Hani atau klink di sini.  Untuk pemesanan Minyak Herba Sinergi secara offline, kunjungilah Halal Mart terdekat.