Penanganan Pertama Luka Bakar Efektif Cegah Bekas Luka

Luka bakar terjadi karena kerusakan jaringan tubuh akibat paparan api, air panas, listrik, biang es, besi panas, radiasi, paparan bahan kimia, dan lainnya. 

Umumnya, luka bakar meninggalkan bekas yang memakan waktu cukup lama untuk hilang. Di tambah, proses penyembuhan luka bakar terbilang cukup lama.

Beberapa kesempatan tentu membuat individu tidak dapat mendeteksi kapan dirinya akan terluka baik karena benturan atau karena paparan benda panas.

Maka dari itu, penting untuk mengedukasi diri bagaimana pertolongan pertama mulai dari ringan, sedang hingga luka bakar sedang sebagai langkah mengurangi rasa nyeri dan bekas luka berkepanjangan. Simak selengkapnya… 

Luka Bakar dan Jenisnya

Luka bakar bisa disebabkan oleh beberapa faktor, paling banyak disebabkan oleh sentuhan dengan benda panas, tersiram minyak panas, terkena percikan api, hingga tersiram air panas. Tidak ketinggalan, luka jenis ini bisa disebabkan oleh paparan sinar matahati. 

Penyebab di atas turut menyumbang tingkat keparahan luka dan cara penanganan yang berbeda. Umumnya, pertolongan pertama luka bakar berbagai tingkat keparahan dinilai sama. Berikut beberapa jenis luka bakar dilansir dari berbagai sumber: 

1. Luka Bakar Berat

Luka bakar berat memiliki ciri kemerahan namun bisa putih atau bahkan gosong. Pada kasus luka ini jaringan saraf otot dan tulang mengalami luka sehingga diidentifikasi sebagai luka derajat 3 atau berat. 

Penderita luka jenis ini justru tidak merasakan nyeri atau perih pada bagian yang terluka karena saraf yang terdampak. Tidak jarang, luka jenis ini sebabkan komplikasi gangguan kesehatan lainnya seperti hipovolemik atau kekurangan cairan dan penurunan suhu tubuh yang drastis.

2. Luka Bakar Sedang

Luka bakar sedang merupakan jenis luka derajat 2 yang ditandai dengan:

  • Kulit melepuh
  • Kemerahan atau bewarna pucat
  • Terasa sangat persih

Luka jenis ini cenderung bisa melebar lebih besar apabila terjadi di bagian tubuh seperti wajah, bokong, alat kelamin, hingga selangkangan. 

3. Luka Bakar Ringan

Luka bakar ringan atau derajat 1 memiliki ciri-ciri luka tidak lebih dari 8 cm. Umumnya, luka jenis ini tidak menimbulkan kondisi serius karena hanya kulit bagian luar yang terluka. 

Luka jenis ini menimbulkan rasa nyeri, kemerahan, dan bengkak. Penyebab luka ringan ini yaitu bersentuhan dengan benda panas atau sunburn

Pertolongan Pertama Luka Bakar

Menurut artikel dirilis oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2022, luka jenis ini bisa terjadi kapan saja sehingga mengetahui langkah pertolongan pertama ini akan menyelamatkan jaringan kulit yang rusak sehingga tidak memperparah luka.

Berikut beberapa pertolongan pertama pada luka bakar ringan, berat, hingga sedang menurut berbagai sumber:

1. Luka Bakar Ringan

Pertolongan pertama pada kasus luka ringan akibat terkena benda panas bisa dilakukan di rumah karena tidak menimbulkan kondisi serius atau kronik. Penanganan pertama pada kulit atau bagian tubuh yang terdampak benda panas sebagai berikut: 

  • Bilas area yang terpapar benda panas dengan air dingin yang mengalir atau ditampung ke dalam wadah selama yang diinginkan
  • Tidak boleh menggunakan es batu untuk mengompres kulit yang terpapar
  • Tutup luka dengan perban atau kain steril di rumah
  • Berikan petroleum jelly, gel lidah buaya, untuk mendinginkan bagian yang terpapar
  • Apabila tidak memungkinkan menggunakan gel lidah buaya, gunakan Minyak Herba Sinergi untuk meredakan nyeri dan mencegah kulit berair
  • Tidak diperkenankan menggunakan lotion atau cairan tertentu yang mengandung pewangi pada area luka

2. Luka Bakar Sedang

Pada kasus kulit yang terluka karena benda panas derajat 2 ini cukup berbeda, tindakan yang dilakukan agak mirip dengan luka ringan. Berikut di antaranya: 

  • Gunakan kompres atau rendam kulit yang terpapar di air dingin 10 hingga 15 menit
  • Tidak dianjurkan menggunakan ice batu
  • Oleskan Minyak Herba Sinergi untuk mencegah kulit melepuh atau gunakan gel lidah buaya. 
  • Tidak dianjurkan memecahkan bagian yang melepuh karena bisa sebabkan infeksi akibat paparan bakteri
  • Tutup luka dengan perban atau kain steril dan tidak dianjurkan untuk mengikatnya terlalu kencang
  • Pastikan luka tidak melebar setelah dilakukan tindakan ini. Jika melebar, segera konsultasikan dengan dokter

3. Luka Bakar Berat

Pada kasus luka bakar berat, pertolongan pertama yang harus dilakukan tergolong sulit dan butuh kehati-hatian yang tinggi. Mengingat pada kasus ini luka lebih mudah terinfeksi. 

Maka dari itu, tindakan penangan pertama juga sangat berbeda dengan tingkat rendah dan sedang. Berikut di antaranya: 

  • Segera jauhkan korban dari sumber kebakaran
  • Gunakan perban steril untuk menutup area terbakar
  • Tidak dianjurkan memberikan air dingin pada luka untuk mencegah hipotermia atau penurunan suhu tubuh dan mencegah kekurangan cairan
  • Pisahkan jari tangan atau kaki yang terpapar benda panas untuk mencegah menyatunya bagian tubuh tersebut dengan kain yang steril
  • Gunakan selimut besar untuk menutup bagian tubuh lain yang terluka
  • Segera bawa penderita luka berat ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan intensif

Tujuan memberikan pertolongan pertama pada luka jenis ini ialah mencegah infeksi yang memperburuk luka. 

Mengapa Minyak Herba Sinergi dianjurkan digunakan sebagai media pertolongan pertama luka paparan benda panas ringan dan sedang? 

Hal ini karena kandungan pada Minyak Herba Sinergi efektif untuk meredakan jaringan kulit yang terluka sehingga meminimalisir kulit berair atau melepuh sesuai dengan tingkat keparahan luka. Dengan begitu, penderita luka jenis ini tidak merasakan nyeri berlebihan dan terdapat bekas luka. 

 Dapatkan Minyak Herba Sinergi sebagai minyak balur ajaib yang ampuh atasi nyeri sendi, otot, tulang, ruam, dan luka bakar ringan secara online maupun offline. 

Pesan secara online melalui Chatbot Hani atau klink di sini.  Untuk pemesanan Minyak Herba Sinergi secara offline, kunjungilah Halal Mart terdekat.