Kutu Rambut – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sobat MHS, sejak sekolah hingga dewasa bahkan lansia ternyata masyarakat Indonesia sering alami gangguan kulit kepala kutu rambut lho. Menurut beberapa sumber, sebanyak 6 hingga 12 juta kasus kutu rambut terjadi di berbagai belahan dunia. 

Masalah parasit ini umumnya ada di bagian rambut yang berdekatan dengan kulit kepala. 

Rasa gatal tidak nyaman dan menular disebabkan penderita kutu mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan oleh lingkungan sekitar.

Tidak perlu khawatir, saat ini berbagai jenis pengobatan kutu muncul untuk mengatasi masalah gangguan kutu rambut sekaligus menghindari masalah psikis penderitanya. Simak yuk penyebab dan cara mengatasi kutu rambut dilansir dari berbagai sumber. Simak… 

Penyebab Kutu Rambut

Kutu rambut merupakan jenis serangga kecil yang hidup di bagian dalam rambut. Kutu rambut hidup dengan cara mengkonsumsi darah yang dihisap dari kulit kepala. Sehingga, serangga jenis ini bisa beradaptasi hingga reproduksi menghasilkan telur setiap harinya. 

Dilansir dari kaman resmi My Cleveland Clinic, kutu bisa terjadi pada anak usia 3 tahun hingga 11 tahun. Tak jarang, seluruh anggota keluarganya turut terkena kutu rambut. 

Kutu sangat umum terjadi. Masih dari My Cleveland Clinic, sebanyak 6 hingga 12 juta orang mengalami masalah kutu rambut karena kontak dekat dengan teman atau kerabat yang terinfeksi. 

Kutu menempati rambut yang kotor, lembab, hingga bau. Maka dari itu, untuk menghindari terinfeksi serangga jenis ini dianjurkan untuk tidak berbagi sisir, sprei, atau topi. 

Menurut Mayo Clinic, kutu bisa menyebar karena terbang atau melompat kek bagian rambut, handuk, dan beberapa alat-alat kebersihan lainnya.

Gejala Kutu Rambut

Menurut artikel kesehatan Mayo Clinic, gejala kutu yang umum terjadi adalah sebagai berikut: 

1. Terdapat Telur Kutu Rambut

Ukurannya yang sangat kecil dan warnanya yang coklat gelap serupa dengan rambut mengakibatkan tidak sedikit orang kesulitan mengidentifikasinya.

Terlebih, telur kutu menempel hampir dekat dengan akar rambut sehingga sulit untuk dilihat dengan penerangan yang minim. 

Perbedaan telur kutu rambut aktif dan non aktif adalah pada bagian warna. Telur kutu aktif cenderung berwarna coklat gelap sedangkan non aktif berwarna coklat terang. 

2. Kutu di Kepala

Gejala kutu rambut sudah pasti adanya kutu di bagian rambut kepala. Namun, kehadiran kutu rambut pada gejala awal akan sulit untuk ditemukan karena ukurannya kecil, bergerak cepat, dan cenderung menghindari cahaya. 

3. Gatal

Gatal jadi salah satu gejala kutu paling mengganggu. Hal ini bisa terjadi karena muncul reaksi alergi akibat gigitan kutu.

Gatal akibat kutu akan muncul setelah 4 hingga 6 minggu. Maka dari itu, tidak heran jika penderita kutu jenis ini terkejut melihat sudah banyak telur kutu yang tidak aktif. 

4. Muncul Luka

Luka pada bagian kepala, leher, dan habu bisa disebabkan akibat gigitan kutu atau luka akibat garukkan tangan. 

Cara Mengatasi Kutu Rambut

Melansir dari Medlineplus Amerika Serikat, mengatasi kutu bisa menggunakan shampo, krim, atau lotion. Sebelum mengaplikasikan obat kutu, dianjurkan untuk melakukan konsultasi untuk menghindari efek samping. 

Adapun beberapa langkah yang harus diperhatikan saat hendak mengaplikasikan obat kutu berbahan kimia dari dokter atau apotik terdekat: 

  • Oleskan produk sesuai instruksi
  • Gunakan 1 produk dalam satu waktu hingga hasilnya mulai terlihat
  • Pastikan membaca petunjuk penggunaan
  • Gunakan sisir kutu yang rapat untuk merapikan rambut setelah mengoleskan obat
  • Sisir rambut 2 hingga 3 kali dalam satu hari untuk mempercepat proses pengobatan

Alternatif lain mengatasi kutu dari bahan-bahan herbal alami ialah dengan cara membalurkan Minyak Herba Sinergi ke seluruh bagian rambut kemudian diamkan selama 1 jam dan bilas. 

Mengapa Minyak Herba Sinergi bagian dari obat atasi kutu? 

Hal ini karena Minyak Herba Sinergi diformulasikan dari bahan-bahan berkualitas seperti dari coconut oil, rimpang kencur, bratawali, kayu manis, sambiloto yang efektif membantu menghilangkan ketombe, kutu, nyeri otot, nyeri tulang dan sendi, serta luka bakar. 

Dapatkan Minyak Herba Sinergi sebagai minyak balur ajaib yang ampuh atasi nyeri sendi, otot, tulang, ruam, dan luka bakar ringan secara online maupun offline. 

Pesan secara online melalui Chatbot Hani atau klink di sini.  Untuk pemesanan Minyak Herba Sinergi secara offline, kunjungilah Halal Mart terdekat.