Kaki Pegal Malam & Pagi Hari Ganggu Aktivitas?! Waspada Penyakit Ini

Aktivitas harian yang rutin dilakukan dan terus berulang kerap kali menimbulkan efek samping seperti kaki pegal baik di malam maupun keesokan paginya. Hal ini terjadi akibat kaku otot pada bagian kaki. 

Penyebab kaki pegal yang terjadi pada remaja hingga lansia diketahui muncul berbagai faktor penyebab beberapa di antaranya adalah terlalu lama duduk, terlalu lama berdiri, olahraga, hingga efek samping menggunakan alas kaki. Namun, tahukah kamu?

Kaki pegal pada pagi atau malam hari yang terjadi tanpa sebab atau kamu tidak melakukan banyak aktivitas merupakan gejala awal adanya penyakit-penyakit tertentu. 

Yuk, simak penyebab kaki pegal mulai dari yang paling ringan hingga kronik, simak… 

Penyebab Kaki Pegal 

Kaki pegal saat beraktivitas tidak hanya disebabkan oleh aktivitas itu sendiri. Namun, tubuh yang kekurangan nutrisi turut menjadi penyebab mengapa kaki kamu sering merasa pegal dan mengganggu aktivitas harian kamu. 

Tidak banyak yang tahu, kaki pegal terus menerus tanpa aktivitas fisik merupakan gangguan kesehatan yang perlu tindakan serius dengan dokter. Berikut penyebab kaki pegal dilansir dari berbagai sumber:

1. Aktivitas

Bekerja, bermain, dan belajar kerap kali melibatkan aktivitas fisik dimulai dari ringan tapi lama hingga aktivitas fisik yang berat. Tidak sedikit orang mengalami pegal pada bagian persendian dan kaki karena otot yang kaku, peredaran darah tidak lancar, dehidrasi, atau tubuh kekurangan nutrisi. 

Kaki pegal akibat kondisi di atas merupakan gangguan kesehatan ringan yang bisa diatasi menggunakan minyak pereda nyeri seperti Minyak Herba Sinergi atau lainnya. 

Selain itu, melakukan peregangan selama 5 menit efektif membantu meringankan rasa pegal pada bagian kaki dan bagian tubuh lainnya. 

2. Asam Urat

Sering alami kaki pegal namun jarang beraktivitas? 

Kondisi tersebut merupakan kondisi yang tidak biasa dan memerlukan analisa dari tim medis. Umumnya, kaki pegal tanpa aktivitas terjadi akibat adanya gangguan asam urat atau gout.

Gout atau asam urat adalah gangguan pada sendi akibat tingginya kadar asam urat di dalam darah yang apabila kandungan ini tidak larut bersama urine maka sebabkan penumpukan urine mengandung asam urat pada bagian sendi. 

Gejala asam urat penyebab kaki pegal yang mudah untuk dijelai ialah kaki pegal atau nyeri yang mengganggu aktivitas harian, tidur terganggu, hingga sering terbangun di malam hari akibat nyeri. 

Menurut Mayo Clinic, asam urat menyebabkan pegal yang cenderung terjadi pada kaki di antaranya bagian: 

  • Ibu jari kaki
  • Pergelangan kaki
  • Siku
  • Lutut
  • Pergelangan tangan
  • Jari tangan
  • Bengkak dan kemerahan pada sendi

Untuk membantu mengurangi nyeri akibat asam urat, cobalah untuk berikan minyak pereda nyeri seperti Minyak Herba Sinergi atau minyak lainnya dan segeralah lakukan konsultasi dengan dokter untuk mempercepat proses penyembuhan. 

3. Flat Feet

Kaki sering pegal tidak hanya terjadi pada orang dewasa namun kerap kali terjadi pada anak-anak. Hal ini faktanya disebabkan oleh gangguan fisik yang jarang diketahui dan diperhatikan oleh orang dewasa. 

Flat feet merupakan gangguan kaki pegal yang sering terjadi pada anak-anak usia 5 tahun ke atas akibat tidak adanya urat yag menarik telapak kaki menjadi cekung. Karena hal inilah, anak-anak tersebut tidak memiliki lengkungan pada kaki. 

Singkatnya, flat feet yang sebabkan kaki pegal pada anak-anak terjadi karena tidak terbentuknya tulang kaki akibat kelainan genetika. 

Maka dari itu, baiknya orang tua sedini mungkin merespon keluhan anak-anak di usia tersebut. 

Selain ketiga poin di atas, adapun beberapa hal yang bisa menyebabkan kaki pegal namun kondisi di bawah ini memerlukan konfirmasi dari tenaga ahli kesehatan dan tidak dianjurkan untuk melakukan diagnosa mandiri, berikut penyebab lain kaki sering pegal: 

  • Kolesterol tinggi
  • Sakit jantung
  • Skiatika
  • Deep vein thrombosis
  • Peradangan kronis pada kaki atau rheumatoid arthritis
  • Diabetes
  • Saraf kejepit
  • Efek samping kehamilan

Untuk membantu mengatasi masalah kaki sering pegal, ada beberapa cara yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan mengoleskan minyak pereda nyeri pada bagian yang terasa pegal. Hal ini bertujuan untuk merangsang otot agar tidak tegang dan mengurangi rasa nyeri pada bagian tersebut. 

Beberapa minyak oles pereda nyeri yang direkomendasikan adalah Minyak Herba Sinergi. 

Minyak Herba Sinergi terbuat dari virgin coconut on,rimpang kencur, bratawali, kayu manis, sambiloto sehingga efektif untuk meredakan otot yang menegang. 

Selain mengatasi nyeri sendi dan cedera, Minyak Herba Sinergi terbukti efektif untuk mengatasi ruam atau gatal-gatal akibat gigitan serangga. 

Jika kamu ingin mendapatkan manfaat Minyak Herba Sinergi bisa diperoleh secara online atau offline. Untuk kamu yang ingin mendapatkan secara offline bisa mengunjungi agen HNI (Halal Network International) terdekat. 

Selain itu, kamu juga bisa melalui Chatbot Hani untuk membeli Minyak Herba Sinergi sehingga lebih mudah, kamu bisa menghubungi klik disini.

Tetapi jika kamu tak memiliki waktu untuk mengunjungi agen HNI terdekat, maka bisa membeli secara online dengan langsung ke laman resmi minyakherbasinergi.id.

Tertarik mencoba? Segera dapatkan dan rasakan manfaat dari minyak ajaib ini untuk mengatasi luka memar, nyeri otot dan gangguan lainnya. 

Apabila kamu masih merasakan pegal dan nyeri dalam jangka waktu yang cukup panjang. Segeralah lakukan konsultasi dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.