6 Cara Menjaga Imunitas Tubuh, Agar Tidak Mudah Sakit

Imunitas tubuh memiliki peran penting sebagai sistem pertahanan tubuh manusia. Singkatnya, imunitas tubuh yang mempengaruhi seseorang mudah sakit atau bahkan sangat jarang sakit karena terserang kuman, parasit, dan virus. 

Mengapa imunitas bisa menentukan sering atau tidaknya kamu alami sakit ringan maupun kronik? Hal ini karena imunitas bertugas melawan dan mencegah iritasi dari berbagai jenis patogen.

Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan tidak mudah sakit, setiap individu dianjurkan menjaga imunitas tubuhnya. Yuk, intip beberapa cara menjaga imunitas tubuh dilansir dari berbagai sumber. Simak

Cara Menjaga Imunitas Tubuh

Dilansir dari berbagai sumber, menjaga imunitas tubuh tidaklah sulit. Bahkan, beberapa cara justru sering dilakukan di aktivitas sehari-hari. Namun, tidak banyak orang menyadari bahwa aktivitas tersebut merupakan langkah menjaga tubuh tetap sehat dan tidak mudah sakit. Berikut beberapa cara menjaga imunitas tubuh dilansir dari artikel publikasi : 

Istirahat Yang Cukup

Tidak banyak orang mengetahui fakta jika istirahat mempengaruhi kualitas imunitas tubuh. Menurut berbagai sumber, tidur atau istirahat yang cukup selama 7 hingga 9 jam sehari pada orang dewasa dan 9 hingga 10 jam sehari efektif untuk mencegah tertularnya berbagai penyakit karena sistem metabolisme tubuh bekerja secara maksimal. 

Kelola Stress

Stress umumnya memberikan dampak negatif pada fisik dan psikis. Misalnya, stress menyebabkan seseorang kesulitan tidur sehingga metabolisme tidak berjalan lancar. Selain itu, stress juga menyebabkan berkurangnya hormon bahagia sehingga penderitanya seringkali mengalami perubahan mood. 

Maka dari itu, stress berlebihan dan sikap tidak bisa mengelola stress dengan baik harus dihindari karena menyerang imunitas tubuh.

Olahraga Teratur

Menyempatkan diri untuk olahraga 30 menit setiap hari atau 3 hingga 5 kali seminggu efektif menjaga imunitas tubuh dengan baik. Apabila tidak memiliki cukup waktu atau pemula, pilihlah jenis olahraga yang ringan seperti berjalan kaki selama 30 menit, jogging, yoga, atau bersepeda. 

Namun, kamu dianjurkan untuk melakukan olahraga di bawah sinar matahari menurut Lenny Jusup (2010).

Konsumsi Makanan Bergizi

Cara menjaga imunitas tubuh, konsumsi makanan bergizi turut menyumbang andil yang signifikan. Tubuh membutuhkan nutrisi untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Di antara kandungan makanan bergizi yang berpengaruh menjaga imunitas tubuh adalah vitamin, lemak, protein, karbohidrat, serat, dan mineral. 

Lakukan Strategi Hidup Sehat

Dilansir dari artikel rilisan Universitas Gadjah Mada tahun 2020, strategi hidup sehat merupakan kunci menjaga imunitas tubuh. Di antara strategi hidup sehat yang dianjurkan adalah:

  • Tidak merokok
  • Konsumsi sayur dan buah-buahan
  • Jaga berat badan tetap ideal
  • Hindari konsumsi daging mentah dengan grade rendah
  • Tidak begadang
  • Tidak mengkonsumsi alkohol

Menjaga Kebersihan

Tahukah kamu, kebersihan berpengaruh terhadap faktor risiko penularan penyakit dari lingkungan ke imunitas tubuh. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menjelaskan jika paparan mikroorganisme lingkungan tempat tinggal mempengaruhi risiko terhadap infeksi penyakit dan mentabolik.

Maka dari itu, setelah menjalankan berbagai cara menjaga imunitas tubuh di atas dianjurkan untuk menjaga kebersihan tempat tinggal dan tubuh. 

Secara singkat, imunitas tubuh bisa menurun dan meningkat disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya: 

  • Faktor lingkungan
  • Faktor makanan
  • Faktor usia
  • Faktor kondisi kesehatan
  • Konsumsi obat-obatan

Penting untuk diketahui, manfaat menjaga imunitas tubuh salah satunya ialah mencegah nyeri tubuh atau nyeri sendi akibat aktivitas harian. 

Mengapa bisa berpengaruh? Karena, bakteri dan virus lebih mudah menyebabkan iritasi jika imunitas tubuh menurun. Apabila hal ini dialami, segeralah lakuka penanganan secara cepat menggunakan minyak pereda nyeri seperti MHS. 

Saat nyeri tulang dan sendi, menghilangkan atau meredakan nyeri sendi umumnya bisa dilakukan dengan cara mengoleskan minyak pereda nyeri pada bagian yang terasa nyeri dan menekannya secara perlahan searah dengan otot tubuh. 

Saat ini, nyeri pinggang dominan terjadi bukan karena masalah serius dan bisa diatasi dengan cara sederhana seperti menggunakan Minyak Herba Sinergi. 

Nyeri otot dan cedera otot akan cepat mereda apabila kamu membalurkan MHS atau minyak herba sinergi ke bagian tubuh tertentu. 

Hal ini dapat terjadi karena Minyak Herba Sinergi terbuat dari virgin coconut on,rimpang kencur, bratawali, kayu manis, sambiloto sehingga efektif untuk meredakan otot yang menegang. 

Selain mengatasi nyeri sendi dan cedera, Minyak Herba Sinergi terbukti efektif untuk mengatasi ruam atau gatal-gatal akibat gigitan serangga. 

Jika kamu ingin mendapatkan manfaat Minyak Herba Sinergi bisa diperoleh secara online atau offline. Untuk kamu yang ingin mendapatkan secara offline bisa mengunjungi agen HNI (Halal Network International) terdekat. 

Selain itu, kamu juga bisa melalui Chatbot Hani untuk membeli Minyak Herba Sinergi sehingga lebih mudah, kamu bisa menghubungi klik disini.