Jangan Disepelekan! Ini Penyebab Badan Sering Pegal

Kerap kali alami pegal linu namun sedang tidak atau sesudah melakukan aktivitas berat adalah kondisi yang umum terjadi di berbagai kalangan terutama lansia. Namun, fenomena badan sering pegal juga tidak luput menghampiri remaja sehingga muncul sebutan remaja jompo. 

Remaja jompo adalah sebutan unik untuk mendeskripsikan fisik remaja dimana badan sering pegal dan seringkali alami sakit ringan. 

Menurut beberapa sumber, badan pegal linu tidak normal terjadi berulang kali karena terdapat faktor penyebab yang kronik maupun non kronik. Yuk, simak apa penyebab badan sering pegal baik terjadi pada lansia maupun remaja dan simak solusi tepat serta cepat untuk meredakan badan pegal. Simak… 

Pengertian dan Penyebab Badan Sering Pegal

Badan sering pegal akibat nyeri otot adalah keluhan yang sering muncul pada bagian sendi atau otot tubuh. Hal ini umumnya wajar terjadi karena tidak sedikit orang mengalaminya dalam, 1 x 24 jam. 

Menurut berbagai sumber, nyeri otot atau badan sering pegal selain terjadi pada sendi dan otot kerap kali terjadi pada bagian tubuh seperti tendon, ligamen, dan tulang.

Badan sering pegal merupakan gangguan kesehatan yang tidak membutuhkan penanganan secara khusus apabila jarang terjadi. Berikut beberapa penyebab badan terasa pegal berdasarkan penyebabnya dan tingkat keparahan badan sering pegal mulai dari ringan, sedang, hingga pegal-pegal kronik: 

Olahraga Berlebihan

Olahraga merupakan kegiatan fisik yang baik untuk menjaga kesehatan daya tahan tubuh secara optimal apabila dilakukan dengan waktu dan cara yang sesuai. Faktanya, tidak sedikit orang berpendapat bahwa olahraga berlebihan akan memberikan dampak positif yang lebih cepat. 

Padahal, olahraga berlebihan dalam satu waktu yang sama justru meningkatkan risiko adanya gangguan persendian seperti pegal, linu sendi, hingga nyeri pada persendian. Faktor olahraga berlebihan dan beban olahraga yang melebihi kapasitas tubuh Inilah yang menyebabkan badan sering pegal. 

Solusi yang tepat untuk kurangi resiko badan sering pegal saat berolahraga adalah kenali kapasitas tubuh dan lakukan olahraga 15 hingga 30 menit dalam satu hari. Kamu bisa menambah beban dan waktu olahraga apabila didampingi seorang profesional di bidangnya.

Efek Samping Angkat Beban

Siapa bilang angkat barang-barang rumah tangga atau yang ada di sekitar kamu tidak berdampak apapun bagi tubuh? 

Jarang diketahui, aktivitas mengangkat beban berat baik saat beraktivitas di dalam rumah, luar rumah, atau tempat olahraga khusus efektif tingkatkan risiko badan sering pegal-pegal. Hal ini bisa terjadi karena otot punggung alami kontraksi dan menegang. 

Terlalu Lama Berdiri & Duduk

Remaja jompo adalah istilah unik untuk mendeskripsikan seseorang yang terlalu lama duduk atau berdiri ketika bekerja sehingga tubuh sering terasa nyeri di bagian tertentu. Faktanya, fenomena remaja jompo benar-benar bisa terjadi akibat duduk yang terlalu lama di tempat kerja dan berdiri terlalu lama.

Hal ini disebabkan karena saat berdiri beban tubuh terpusat pada tungkai kaki. Sedangkan saat duduk, otot serta persendian tidak banyak digerakan dan hal ini memicu badan sering pegal. 

Cedera

Cedera merupakan faktor penyebab badan sering pegal paling banyak terjadi di berbagai usia. Badan sering pegal bisa disebabkan oleh cedera akibat benturan dengan benda tumpul maupun terjatuh saat menjalani aktivitas fisik harian. 

Kekurangan Vitamin D & Efek Samping Konsumsi Obat

Vitamin D merupakan bagian penting untuk membantu menutrisi tubuh secara maksimal. Vitamin D berperan menjaga kesehatan tulang serta membantu menyempurnakan sistem kerja organ tubuh lainnya seperti otot dan ginjal.

Uniknya, mengkonsumsi vitamin dan obat-obatan secara berlebihan juga menyebabkan efek samping bagi kesehatan tubuh terutama tulang dan sendi.

Misalnya, mengkonsumsi obat untuk mengontrol kolesterol tinggi terbukti menimbulkan efek samping seperti badan terasa pegal dan nyeri pada seluruh badan. Jika mengalami hal tersebut saat mengkonsumsi obat-obatan medis, segeralah lakukan konsultasi dengan dokter. 

Adapun penyebab badan sering pegal selain 5 faktor di atas menurut berbagai sumber adalah: 

  • Sedang sakit flu
  • Radang sendi (kerusakan pada persendian akibat iritasi atau autoimun)
  • Stress berkepanjangan
  • Kurang tidur
  • Dehidrasi
  • Pneumonia (nyeri akibat tubuh kekurangan oksigen)
  • Infeksi bakteri 
  • Kelelahan
  • Penyakit kronik lupus
  • Kelainan pada postur tubuh

Itulah tadi informasi seputar penyebab badan sering pegal yang bisa kamu pelajari. Saat ini, tindakan paling cepat dan efektif untuk mengurangi nyeri karena badan sering pegal adalah dengan mengoleskan minyak aromatherapy seperti MHS. 

Nyeri otot dan cedera otot akan cepat mereda apabila kamu membalurkan MHS atau minyak herba sinergi ke bagian tubuh tertentu. 

Hal ini dapat terjadi karena Minyak Herba Sinergi terbuat dari virgin coconut on,rimpang kencur, bratawali, kayu manis, sambiloto sehingga efektif untuk meredakan otot yang menegang. 

Selain mengatasi nyeri sendi dan cedera, Minyak Herba Sinergi terbukti efektif untuk mengatasi ruam atau gatal-gatal akibat gigitan serangga. 

Jika kamu ingin mendapatkan manfaat Minyak Herba Sinergi bisa diperoleh secara online atau offline. Untuk kamu yang ingin mendapatkan secara offline bisa mengunjungi agen HNI (Halal Network Internasional) terdekat. 

Selain itu, kamu juga bisa melalui Chatbot Hani untuk membeli Minyak Herba Sinergi sehingga lebih mudah, kamu bisa menghubungi klik disini.

Tetapi jika kamu tak memiliki waktu untuk mengunjungi agen HNI terdekat, maka bisa membeli secara online dengan langsung ke laman resmi minyakherbasinergi.id.

Tertarik mencoba? Segera dapatkan dan rasakan manfaat dari minyak ajaib ini untuk mengatasi luka memar, nyeri otot dan gangguan lainnya.