3 Penyebab Luka Memar, Bukan Hanya Aktivitas Berlebihan, Apa Saja?

Apakah kamu tahu, apa itu penyebab luka memar yang bisa terjadi pada usia muda hingga. Umumnya luka memar disebabkan oleh suatu benturan?

Namun, penyebab luka memar bukan hanya itu saja, salah satunya karena kekurangan vitamin tertentu yang dikonsumsi tubuh. 

Oleh sebab itu, dalam artikel ini akan membahas tentang penyebab luka memar yang bisa kamu ketahui dan cara mengatasinya dengan cara sederhana. Lantas, apa saja penyebab luka memar yang penting untuk diketahui? Yuk, kita cari tahu bersama-sama. 

Penyebab Luka Memar

Kali ini kita akan mengulas sejumlah penyebab luka memar yang kerap dialami seseorang, tak sedikit yang mengira luka memar hanya disebabkan oleh aktivitas berat seperti olahraga atau lainnya. Pada dasarnya luka memar bisa dipicu oleh berbagai hal, antar lain:

1. Kekurangan Vitamin

Penyebab luka memar pada seseorang yaitu karena kekurangan vitamin tertentu sehingga memicu gangguan pendarahan dan berdampak munculnya memar. 

Secara umum, salah satu vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga fungsi darah yaitu vitamin K. Vitamin ini mempunyai peran penting dalam proses penggumpalan darah. Jika seseorang memiliki kadar vitamin K yang rendah maka berpotensi muncul luka memar pada bagian tertentu. 

2. Kekurangan Trombosit 

Penyebab luka memar pada seseorang yaitu kekurangan trombosit di dalam tubuh. Hal tersebut bisa terjadi karena trombosit bagian penting di dalam darah. 

Tugas utama trombosit ialah membekukan darah dengan baik bersama-sama protein yang ada di dalam tubuh. Dalam sejumlah kasus kekurangan trombosit di dalam tubuh akan memicu munculnya bercak-bercak, mimisan, gusi berdarah, muntah darah, hingga pendarahan secara berlebihan.

3. Aktivitas Berat

Penyebab luka memar yang paling umum yaitu aktivitas fisik terlalu ekstrem sehingga berisiko cedera seperti patah tulang, keseleo, dan dislokasi. 

Umumnya, Penyebab luka memar yang disebabkan keseleo akan muncul sejumlah gejala seperti pembengkakan, nyeri, hingga warna kulit berubah menjadi gelap.

Mengobati Luka Memar

Setelah mengetahui sejumlah penyebab luka memar yang bisa kamu alami ketika melakukan sejumlah aktivitas hingga kekurangan vitamin, selanjutnya kita akan membahas tentang cara mengobati luka memar, antara lain:

1. Kompres

Jika kamu mengalami luka memar bisa dengan melakukan kompres menggunakan air dingin atau es batu guna meminimalkan darah yang keluar. 

Ketika kamu ingin menggunakan cara ini untuk mengatasi luka memar sebaiknya hindari kompres langsung mengenai kulit. Kamu bisa membungkus es dengan wadah atau gantung untuk kompres luka memar, lakukan selama 20-30 menit untuk hasil maksimal.

2. Tinggikan Bagian Tubuh yang Memar

Mengatasi luka memar selanjutnya bisa dengan membuat tinggi bagian tubuh yang mengalami memar lebih tinggi dari dada kamu agar tak memperparah. 

Hal tersebut seperti meninggikan kaki yang memar menggunakan bantal, hal tersebut dilakukan agar mengurangi aliran darah ke area memar sehingga meminimalisir bengkak.

3. Kompres Menggunakan Air Hangat

Mengatasi luka memar bisa dengan kompres menggunakan air hangat untuk memperlancar aliran darah, agar mempercepat pemulihan. 

Kamu bisa menggunakan kain yang sudah direndam air hangat, setelah itu kamu bisa tempelkan tubuh yang mengalami memar selama beberapa menit.

4. Istirahat

Mengistirahatkan tubuh juga bisa menjadi salah satu cara untuk mempercepat pemulihan luka memar yang kamu alami. Hal ini karena, tubuh yang mengalami luka memar harus segera diistirahatkan untuk meminimalisir pembengkakan yang berlebihan.

Mengatasi Luka Memar dengan Minyak Herba Sinergi

Penyebab Luka Memar

Secara umum pertolongan pertama luka memar bisa menggunakan kompres dengan air dingin atau es batu selama 15-20 menit. 

Namun, kamu bisa juga menggunakan Minyak Herba Sinergi atau MHS, minyak ini merupakan minyak tradisional yang mampu meredakan pegal linu dan nyeri sandi, serta luka memar. Jika kamu ingin menggunakan Minyak Herba Sinergi ini cukup mudah yaitu dengan mengoleskan minyak pada luka memar. 

Untuk yang belum tahu, Minyak Herba Sinergi sendiri diolah dari sejumlah bahan alami seperti coconut on,rimpang kencur, bratawali, kayu manis, sambiloto. 

Oleh karena itu, Minyak Herba Sinergi cukup efektif untuk mengatasi nyeri hingga luka memar karena mempunyai kandang eugenol sebagai antiseptik. Untuk yang belum tahu, kandung tersebut sangat efektif untuk masalah otot seperti nyeri, luka memar dan sebagainya. 

Jika kamu ingin memperoleh Minyak Herba Sinergi bisa secara online dan offline, untuk membeli secara online bisa mengunjungi laman resmi minyakherbasinergi.id.

Selain itu, kamu bisa memperoleh Minyak Herba Sinergi secara offline dengan mengunjungi agen HNI terdekat dengan rumah kamu. Tertarik mencoba khasiatnya? Segera dapatkan.